Andalusia, Spanyol, Kawasan Kejayaan Muslim dan Sumber Hoax

 

http://en.wikipedia.org/wiki/Andalusia

Image
Hampir sebagian besar wilayah Spanyol dan Portugis dikuasai oleh Islam selama 781 tahun

http://id.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus

Al-Andalus (Arab: الأندلس al-andalus) adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh orang Islam, atau orang Moor, dalam berbagai waktu antara tahun 711 dan 1492.[1] Al-Andalus juga sering disebut Andalusia, namun penggunaan ini memiliki keambiguan dengan wilayah administratif di Spanyol modern Andalusia.

Masa kekuasaan Islam di Iberia dimulai sejak Pertempuran Guadalete, ketika pasukan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad mengalahkan orang-orang Visigoth yang menguasai Iberia. Awalnya Al-Andalus merupakan provinsi dari Kekhalifahan Umayyah (711-750), lalu berubah menjadi sebuah keamiran (c. 750-929), sebuah kekhalifahan, (929-1031), dan akhirnya “taifa” yaitu kerajaan-kerajaan kecil pecahan dari kekhalifahan tersebut (1031-1492).

Karena pada akhirnya orang-orang Kristen berhasil merebut kembali Iberia dari tangan umat Islam (Reconquista secara harfiah “penaklukkan ulang”), nama Al-Andalus umumnya tidak merujuk kepada Iberia secara umum, tapi kepada daerah-daerah yang dikuasai para Muslim pada zaman dahulu. Pada 1236, benteng terakhir umat Islam di Spanyol, Granada menyatakan tunduk kepada Ferdinand III dari Kastilia, dan menjadi negara bawahan Kastilia, hingga pada 1492 Muhammad XII menyerah sepenuhnnya kepada Los Reyes Católicos (Kerajaan Katolik Spanyol) pimpinan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella. Sedangkan kekuasaan Islam di Portugal berakhir pada 1249 dengan ditaklukkannya Algarve oleh Afonso III. Kekalahan penguasa Muslim kemudian diikuti oleh penganiyaan dan pengusiran terhadap kaum Muslim dan Yahudi di Spanyol.[2]

Image
Muslim Menyerah Kalah pada Raja Ferdinand dan Ratu Isabella

Penaklukan dan masa-masa awal

Sebelum kedatangan umat Islam, daerah Iberia merupakan kerajaan Hispania yang dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada 711, pasukan Umayyah yang sebagian besar merupakan bangsa Moor dari Afrika Barat Laut, menyerbu Hispania dipimpin jenderal Tariq bin Ziyad, dan dibawah perintah dari Kekhalifahan Umayyah di Damaskus. Pasukan ini mendarat di Gibraltar pada 30 April, dan terus menuju utara. Setelah mengalahkan Raja Roderic dari Visigoth dalam Pertempuran Guadalete (711), kekuasaan Islam terus berkembang hingga pada 719 hanya daerah Galicia, Basque dan Asturias yang tidak tunduk kepada kekuasaan Islam. Setelah itu, pasukan Islam menyeberangi Pirenia untuk menaklukkan Perancis, namun berhasil dihentikan oleh kaum Frank dalam pertempuran Tours (732). Daerah yang dikuasai Muslim Umayyah ini disebut provinsi Al-Andalus, terdiri dari Spanyol, Portugal dan Perancis selatan sekarang.

Pada awalnya, Al-Andalus dikuasai oleh seorang wali (gubernur) yang ditunjuk oleh Khalifah di Damaskus, dengan masa jabatan biasanya 3 tahun. Namun pada tahun 740an, terjadi perang saudara yang menyebabkan melemahnya kekuasaan Khalifah. Pada 746, Yusuf Al-Fihri memenangkan perang saudara tersebut, menjadi seorang penguasa yang tidak terikat kepada pemerintahan di Damaskus.

===========

Hal-hal yang berhubungan dengan Andalusia:
1. Ibu kota: Sevilla, Spanyol (ingat sepak bola Sevilla)
Image
Sevilla
2. Cordoba: Kekalifan yang berpusat di Cordoba, disitu terdapat Masjid yang waktu itu terbesar sedunia, Masjid Cordoba
Image

===========

Kenapa Andalusia sangat penting buat Muslim?
Karena Muslim percaya:
1. dikota inilah Islam dianggap ‘berjaya’
2. Sains dan Teknologi Islam (arsitektur, medisin dsb) berkembang disini
3. Muslim berarti bagi perkembangan budaya/teknologi di Eropa. Tanpa kita, kata Muslim, Eropa masih akan berada dalam Abad Kegelapan
3. Percontohan toleransi Islam, Kristen dan Yahudi dibawah Islam
4. Contoh dimana Yahudi dilindungi Islam dan dikejar Kristen

============

Apa yang Salah?
Setelah 800 tahun, Muslim diusir. Muslim lalu marah dan kini di abad 21, ingin merebut lL Andalus kembali dgn berimigrasi dan beranak pinak disana. Bahkan banyak Muslim percaya bahwa dunia Muslim miskin karena pengetahuan mereka dicuri di Andalus.

http://indonesia.faithfreedom.org/forum/al-qaeda-ingin-bangun-kejayaan-andalusia-t48843/

==========

Ini hanya panduan saja kalau muslim berbicara tentang Andalusia, silakan googling bagaimana muslim memperlakukan non muslim.
Misalnya perlakuan Kristen dan Yahudi sbg warga negara kelas dua dengan hak2 terbatas/dhimmi dan jizyah:

http://en.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus#Treatment_of_non-Muslims

==========

Kesimpulan:
– Muslim akan selalu membicarakan kejayaan kekalifahan Islam jaman dulu dan Andalusia termasuk yang paling dibanggakan mereka ….
– Muslim akan selalu bercerita bagaimana mereka menderita karena diusir dari negaranya oleh kaum Inquisition, padahal namanya menjajah, diusir kan lumrah.
– Muslim akan berhoax ria gimana non muslim diperlakukan dengan adil. Ini sih jelas2 hoax.
– Muslim pelindung Yahudi dan Kristen penjajah tp Yahudi gak balas jasa.

– Oleh karena itu, ANDALUSIA ADALAH KOTA TERPENTING MUSLIM SETELAH MEKAH, MADINAH DAN JERUSALEM!!!!!

 
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s